Sharing

Trik Jitu Persiapan Diri Mengikuti Seleksi Karyawan (part 2)

Halloo…Hollaa…

Baiklah sobat, kemarin kita baru bersambung di Berlatih Berbicara...

Beberapa fakta yang ditemui oleh seorang interviewer professional, Suryono Ekotama adalah sbb:Berbicara adalah hal yang biasa kita lakukan sehari-hari, that’s why harusnya kita sudah jago dong untuk berbicara. Namun, faktanya banyak pelamar kerja yang malah terbata-bata saat proses wawancara.

  • Banyak pelamar yang tidak dapat berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kebanyakan mereka terjebak oleh dialek dari daerah asal mereka. (iya ga??? ayooo ngakuuu…).
  • Banyak pelamar yang memiliki nada yang lemah saat wawancara. Ngomongnya agak samaar, ini menunjukkan sifat minder sobaat.
  • Banyak pelamar juga memiliki intonasi yang tidak jelas
  • Beberapa ada pelamar yang menunjukkan sifat yang cenderung defensif. Artinya apa yang diucapkan untuk menjawab pertanyaan bukanlah solusi. Tetapi seolah -olah membenarkan dirinya sendiri atau apa yang pernah dilakukannya.

Yuk mari latih cara berbicara kalian, agar lebih pede saaat bertemu dengan interviewer nanti. Check this out…..

  1. Pergi ke pantai yang berombak. Lalu minta temanmu berdiri kurang lebih 2,4,6,10 meter dari kamu. Lalu berbicaralah dengan sejelas mungkin hingga teman mu mendengar dengan jelas. Hal ini melatih artikulasi dan pengucapan kamu loh.. Ulangi di rumah depan cermin. (tapi ga usah teriak teriak, cukup dengan pelafalan dan artikulasi yang baik ya….
  2. Atur lah napas mu dengan baik saat berbicara. Jangan seperti kehabisan napas ya saat berbicara…hehee
  3. Belajar berbahasa indonesia yang baik dan benar. Kurangi dahulu bahasa daerah kamu ya….
  4. Hindari berbicara dengan nada tinggi, nanti di sangka lagi marah-marah
  5. Dan pastinya, berbicaralah dengan senyum tersungging di bibir

Berlatih Memahami dan Menjawab Pertanyaan Dengan Cepat dan Tepat

Biasanya banyak hal konyol yang dilakukan para kandidat seleksi wawancara saat menjawab pertanyaan dari interviewer. Misalnya saat di tanya, mau gaji berapa?

Kebanyakn kandidat menjawab berbelit, atau malah menjawab terserah kebijakan perusahaan, atau ada juga yang jawab karena saya bersedia bekerja dengan baik juga saya ada kebutuhan maka saya harap perusahaan menggaji saya setimpal (apaaa…coba).

Ingat pahami dan jawab pertanyaan sesuai, jika pertanyaannya berapa ya kita harus jawab dengan angka ya sobat.

Misalnya ditanya bagaimana, kita jawab dengan penjelasan cara.

Berlatih Menjawab Panggilan Telepon Secara Efektif

Biasanya setelah kita mengirim lamaran kerja, jika ada panggilan  interview ada yang biasa menelpon kita. Nah kita sewajarnya belajar bagaimana menjawab telepon.

Misalnya: Hallo, iya selamaat siang. Ada yang bisa saya bantu?

Jangan ampe hallow…alloha..siapaaa nih. Jangan ampe jawab telepon kaya gitu ya..hahaaa

Dan biasakan jika interviewer meminta kita untuk inteview besok/lusa. Jangan terlalu banyak alasan untuk menunda nya. Itu akan terkesan kita tidak siap, dan mungkin kesempatan untuk menjadi karyawannya malah dilempar ke orang lain.

Membuka Email Minimal Sehari 2 Kali

Jika kalian udah berani kirim CV ke perusahaan, seyogyanya kalian harus mengecek email. Waktu paling tepat membuka email adalah pagi hari dan sore hari.

Seringkali bagian HRD itu ngirim emailnya malam hari, karena waktu itu lah yang cukup senggang untuk mengirim email ke calon peserta interview.

Nah, namun sering kali juga HRD mengirim email saat waktu akan lunch sekitar pukul 11.00-13.00 sehingga penting untuk mengecek email pada sore hari.

Beberapa tips untuk mengecek email:

  • Cek email di inbox ataupun junk mail, karena kadangkala email baru yang tidak dikenal akan masuk ke junk mail. Jadi dont forget to check junk email ya….
  • Jangan menggunakan email yang alay, dan sulit di baca.
  • Jika punya smartphone, mending menggunakan fitur yang tersambung langsung ke email
  • Bersihkan email secara berkala, agar info yang masuk tidak saling tumpang-tindih

Jangan melewatkan kesempatan

Saat kalian mendaftarkan usahakan untuk mencatat semua lamaran kerja yang udah kalian kirimkan dan juga jangan lupa catat alamatnya.

Dalam waktu sebulan an setelah ngirim lamaran jangan melakukan perjalanan ke luar kota dalam waktu yang lama, sapa tau saat kalian d luar kota ada wawancara di perusahaan impian kamu. Nah, jika dapat telepon dari sang interviewer, bersikaplah bak prajurit siap perang, dengan menjawab SIAAAPPPP….

  1. Siaga 24 Jam

Sebagai orang yang telah mencantumkan kontak sendiri di lamaran kerja, so kalian harus siap jika dihubungi oleh interviewer. Ada beberapa saran untuk sobaaat sekalian. Jika ada telepon tidak terangkat dari nomer yangbaru, seyogyanya kalian telpon balik. Apalagi jika kode nomer nya nomer telepon kantor, maka kalian telpon balik saat jam kerja.

  • Jika menerima SMS wawancara, maka sebaiknya kalian balas secepatnya
  • Perangkat komunikasi kalian, pastikan dalam keadaan standby. Maksudnya bisa dihubungi selama 24 jam. Jika HP yang mudah lowbatt coba bawa power bank kemanapun sobat bepergian..

Nah, guys….sekian Cara Jitu persiapan seleksi karyawan. Semoga dapat membantu kalian, and see you next note…

Dadah,,..Good Luck

Salam,

Shofi,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s