Daily, Sharing

5 Kegiatan Orang Sukses di Pagi Hari Yang Bisa Bikin Kamu Sukses Juga

Kadang kala kita bertanya-tanya apakah kegiatan yang kita lakukan sehari-hari ini bisa membuat perubahan di kehidupan kita atau malah hanya menjadi rutinitas belaka. Nah, di sini kita memerlukan strategi untuk menjadikan kegiatan yang kita lakukan tidak hanya sebatas rutinitas, namun menjadi panduan kita menjadi orang yang sukses. Dengan mencoba beberapa kegiatan yang dilakukan orang sukses, tentu kita berharap suatu hari nanti kita bisa mengikuti jejak mereka.
Okay, ini dia 5 kegiatan yang biasa dilakukan orang sukses di pagi hari:

  1. Motivasi diri
http://www.fortunebuilders.com

Steve Jobs pendiri Apple selalu memotivasi dirinya dengan sebuah pertanyaan di setiap paginya “ Jika hari ini adalah hari terakhirmu di dunia, akankah kamu melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan hari ini?”. Ya kurang lebih begitu, itulah cara Jobs agar ia tidak menyia-nyiakan waktunya hari itu karena waktu di dunia tidaklah abadi.Coba kalian praktikan di pagi hari saat terbangun dan sesudah menunaikan sholat tentunya. Bercermin lalu katakan pada diri sendiri hal-hal positif mengenai diri kita, misalnya tujuan hidup, pencapaian apa aja yang udah kita lakukan, apa saja yang hal buruk yang harus kita hilangkan dan berusahalah untuk lebih baik dari hari kemarin. Trik ini akan menambah mood baik kita di pagi hari dan meningkatkan kepercayaan diri kita loh.

  1. Olahraga

Olahraga adalah gaya hidup orang sukses yang mereka lakukan di pagi hari. Bos saya di perusahaan sering melakukan olahraga renang sebelum bekerja. Beliau biasa lakukan sebelum jam masuk kerja sekitar jam 6.30 pagi dan itu dilakukan di tempat olahraga di samping kantor. Selain itu, beberapa orang sukses seperti CEO Starbuck Howartd Schultz selalu bersepeda pada pagi hari, bahkan kadang ke kantor dengan bersepeda. Haruki Murakami, novelis Jepang juga sering lari berkilo-kilo meter sebelum menulis. Mereka sadar bahwa gaya hidup ini membuat mereka lebih produktif, menghindari stres sehingga tidak mudah sakit.

https://hellosehat.com

Nah kita bisa lakukan mulai dari sekarang misalnya jogging di sekitar rumah, mengepel lantai atau jika memiliki alat treadmill di rumahnya bisa juga, yang penting kita mengeluarkan keringat. Kelebihan berolahraga di luar rumah adalah biasanya kita merasa lebih segar, bisa mendapat inspirasi dan ide atau mungkin dapat gebetan hehe….

  1. Sarapan

“Jangan lupa sarapan ya”, chat yang sering di dapat dari seseorang hehe. Ya tampaknya memang biasa dan membosankan, tapi ada benarnya juga. Kalau sudah sarapan kita sudah siap untuk melakukan aktivitas karena kita sudah punya energi yang cukup.  Pada umumnya, kalau kita tidak sarapan biasanya kita akan melampiaskan rasa lapar kita di saat makan siang. Dan ini gawat karena jika kita kekenyangan di makan siang maka rasa kantuk akan lebih cepat datang.

http://pedulisehat.info

Kebanyakan kita meremehkan sarapan pagi, dengan banyak alasan seperti tidak sempat masak, tidak terbiasa, atau apapun itu. Padahal sarapan bukan berarti harus dengan nasi saja ya, bisa dengan roti atau karbohidrat lainnya yang dapat menambah energi. Selain itu, waktu sarapan adalah waktu yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya jika kalian tinggal bersama keluarga. Di waktu sarapan kita bisa berdiskusi atau nngobrol santai dengan istri, suami, saudara dan orang tua kita. Sungguh waktu yang sangat bermanfaat dan efektif. Sarapan bisa menjadi sarana untuk menghangatkan kembali hubungan keluarga yang sediit renggang akibat kesibukan masing-masing.

  1. Membuat List Harian

Yaps..list harian cukup ampuh dalam memandu pekerjaan kita tiap harinya. Kita bisa menulisnya di buku kecil atau kita tulis di note laptop to do list hari ini.

http://www.management-training-development.com

Tempatkan pekerjaan yang menjadi prioritas atau sulit di pagi hari agar pikiran kita masih segar untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Manfaat dari list harian bisa kita jadikan sebagai laporan rinci selama satu bulan. Hal ini juga membantu untuk menganalisis, merencanakan, dan mengukur pekerjaan kita sesuai target. Oh iya, list harian ini harus dibuat serinci mungkin ya agar mempermudah kita menyelesaikan pekerjaan.

  1. Membaca

Yaps..membaca di pagi hari adalah kebiasaan yang hampir semua orang lakukan loh. Iya, membaca pesan Whatsapp, sms atau pun membaca caption panjang di instagram adalah hal yang biasa dilakukan orang ketika pagi hari. Kebiasaan membaca di pagi hari ini cukup bagus, namun perlu kalian pilah mana yang layak dibaca saat pagi hari agar kamu bisa sukses.

http://www.gen22.net

Sempatkanlah membaca website atau berita yang berkaitan dengan pekerjaanmu atau berita yang sedang hits saat ini. Tentunya bukan gosip artis ya. Misalnya begini, jika kalian seorang bekerja di konsultan keuangan maka anda sebaiknya sering membuka website tentang finansial dan berita finansial, jika anda seorang beauty blogger sebaiknya buka berita tentang fashion atau lifestyle dll. Nah, karena saya seorang eksportir maka biasanya saya akan membuka trademap dari berbagai negara dan juga update berita tentang kebijakan ekspor di Indonesia. Bagaimana jika anda tidak suka membaca?? Nah, jika anda lebih suka visual, kalian bisa coba untuk menonton berita di TV dan tentunya pilihlah program yang bagus untuk menambah wawasan anda. Jangan sampai malah nonton yang gosip-gosip saja ya.

 

Hayooo.., dari 5 kegiatan ini mana aja yang sudah menjadi kebiasaan kalian?

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.
Daftar Pustaka:
Iqbal Muhammad. 2016. Penakluk Subuh. Jakarta: Qultum Media

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s